Langsung ke konten utama

MARI MEMBUAT DIGITAL BOOK IPS



Mata pelajaran IPS dikenal dengan buku ajar yang berisikan banyak teks panjang. Materi yang kompleks dengan analisis fakta terkandung dalam teks-teks tersebut akan sulit untuk diterima anak-anak dalam periode sekolah menengah mengingat anak-anak lebih menyukai hal visual dibandingkan tekstual. Usia sekolah menengah merupakan usia dimana siswa masih beradaptasi dari usia sekolah dasar, sehingga dalam pembelajarannya tidak serta merta dijejali dengan kemampuan verbalistik namun yang lebih penting adalah kemudahan mencerna informasi melalui unsur visual (Fuada dkk, 2013: 1). Manfaat teoritis dari pemakaian media pembelajaran adalah untuk membangkitkan motivasi, rangsangan belajar, serta membawa pengaruh psikologis terhadap siswa. Pengaruh media pembelajaran akan sangat membantu keefektifan proses pembelajaran dan penyampaian isi pembelajaran sesuai tuntutan kurikulum. Hal tersebut didukung pula dengan aspek visual yang menurut hasil penelitian memberikan dampak lebih kuat daripada verbal (Hariyono: 1995). 

Kedekatan siswa terhadap teknologi menjadi sebuah peluang agar buku ajar digital IPS  dapat dengan mudah mereka gunakan. Buku ajar digital IPS  mengintegrasikan animasi serta ilustrasi sehingga mengangkat visualisasi dengan lebih optimal bila hanya dibandingkan dengan buku ajar. Buku digital diharapkan dapat menjadi media yang dapat membantu siswa belajar. Diharapkan buku digital IPS  dapat membuat informasi dalam pembelajaran menjadi lebih konkret. Menurut Sanjaya (2012) semakin konkret siswa mempelajari maka semakin banyak pengalaman yang diperoleh siswa. Buku ajar digital sejarah ini dirancang dengan konsep buku digital sehingga secara komunikatif mengajak siswa untuk memilih bagian-bagian pokok bahasan yang ingin diakses. Buku digital memiliki perwajahan seperti sebuah buku (dengan lembaran yang dapat dibolak-balik) dalam teknologi digital yang akan mempermudah siswa untuk membaca materi-materi IPS karena dilayout dengan mempertimbangkan kemampuan baca siswa meski dalam bentuk buku non cetak. Selain itu terdapat animasi dengan tokoh icon dalam buku ajar digital sejarah ini sebagai teman belajar serta unsurunsur animasi lain yang berperan dalam menampilkan materi. Pemilihan setiap unsur dalam pelayoutan buku digital ini, baik warna, font, dokumentasi sejarah, gambar animasi serta komposisi tata letaknya mempertimbangkan aspek kelayakan estetika serta fungsional agar memberi kemudahan bagi siswa dalam menggunakannya sebagai media baca. 

Langkah–langkah membuat Digital book (Buku digital) menggunakan 3D PageFlip, yaitu sebagai berikut :  Install software 3D PageFlip Pro dan masukkan serial key agar menjadi Full Version.            Jalankan aplikasi 3D PageFlip Pro tersebut dengan mengklik Icon 3D PageFlip di deskop komputer anda, seperti tampak pada gambar di bawah ini :


      Maka akan muncul tampilan aplikasi 3D PageFlip Pro sebagai berikut ini :


      Klik Create New (seperti gambar di atas)  sehingga muncul tampilan sebagai berikut:



       Klik Select Template jika kita ingin mengubah bahan ajar 3D yang akan dibuat,sehingga muncul beberapa
 item pilihan template sebagai berikut 


Setelah memilih, klik OK lalu akan muncul tampilan sebagai berikut :


       Klik OK lagi dan akan muncul tampilan seperti dibawah ini :

    
 


    Klik Browser untuk mencari dan memilih file bahan ajar yang ada di komputer kita untuk diubah menjadi bahan ajar berbentuk 3D PageFlip (dokumen yang di import harus dalam format PDF).. Lalu klik Open, tampilan  seperti berikut :



    
    Pilih All Pages dan Klik Import Now maka aplikasi akan memproses import bahan ajar tersebut masuk ke dalam aplikasi 3D PageFlip. Setelah itu, maka muncul tampilan sebagai berikut :



Dibagian Design Setting, rubah beberapa icon :
  • Show logo di hide
  • print button di hide
  • help button di hide 
Setelah itu, apply change. 


Klik Edit Pages untuk mengedit/mengubah tampilan. 


      Maka akan muncul tampilan sebagai berikut. Untuk menambah Sound, klik Add Sound. Buatlah kotak kecil di sudut untuk tempat menyimpan  audio, kemudian double klik kotak yang telah dibuat. Cari file audio yang akan di masukan,    kemudian klik Open


       Untuk menambah video, klik Add Movie, seperti gambar di bawah ini :







Untuk menambah image (gambar), klik Add Image 




 Setelah semua selesai, klik file di sudut kiri atas, save dan exit



   Setelah itu, akan muncul tampilan seperti berikut :



 klik apply change kemudian Publish, maka akan muncul tampilan seperti berikut :




Setelah mengklik menu Publish, pilih icon 3DP, Atur dimana output  3D itu akan disimpan dengan cara mengklik Browse dan berikan nama file,  


Klik Convert jika pengaturan publish telah selesai. Maka proses dan hasil akhir convert digital book dapat dilihat pada gambar di bawah ini :




Demikianlah artikel cara membuat digital book modul mata pelajaran IPS dengan materi kegiatan ekonomi dengan bantuan 3d page flipSemoga bermanfaat         

Dibawah ini, 2 video tentang tutorial pembuatan digital book dengan bantuan software 3D pageflip pro3D :



Sumber :
Hermawan, Hudiana. 2020. Perkuliahan   ke 10 tentang  Digital book. Program pasca sarjana              IPI  Garut.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEPUTAR TENTANG APLIKASI NITRO PDF

Konversi di artikan sebagai suatu perubahan dari satu sistem pengetahuan ke sistem yanglain, dalam hal ini jika Saya mengatakan tentang konversi dari file Microsoft Word ke PDF berarti maksudnya adalah merubah jenis format atau document yang tadinya berformat docx menjadi PDF. Jika ingin  mengkonversikan dokumen word ke PDF anda perlu menginstal aplikasi tambahan ke komputer yaitu Nitro Pdf. Nitro PDF merupakan sebuah software/aplikasi komputer yang dapat berjalan di lingkungan sistem Operasi Windows. Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk membuat file PDF, merubah/konversi format PDF ke Word, Word ke PDF, PDF ke Excel, PPT atau ke dalam format gambar seperti JPEG. Nitro Pdf sendiri memiliki banyak dukungan untuk para pengguna Produk Microsoft Office yang ingin melakukan konversi ke dalam bentuk PDF. Aplikasi ini sebenarnya sangat mudah sekali untuk digunakan, Aplikasi ini sama sekali tidak merasa kebingungan karena memang dari segi tampilan ataupun dari menu - menu yang ...

GURU IPS DI ERA GLOBALISASI

Peran  Guru IPS sebagai Pendidik  di Era Globalisasi Pendidikan adalah salah satu jalan menuju kemajuan suatu bangsa. Semakin berkembangnya zaman menuntut kemajuan di bidang pendidikan pula. Pengoptimalisasian tenaga pendidik juga menjadi faktor penting untuk mewujudkan pendidikan yang maju.  Tuntutan zaman yang semakin maju khususnya di era globalisasi ini mendorong bidang pendidikan juga untuk lebih maju. Guru adalah kunci dari transformasi pendidikan di era ini. Khususnya adalah para calon pendidik masa depan calon-calon guru akan menghadapi tantangan yang besar dalam dunia pendidikan di era yang semakin maju ini.  Revolusi industri menjadikan adanya sebuah jaringan yang menghubungkan komunikasi antar manusia menggunakan alat, seperti teknologi IoT  (internet of things) , robot, kecerdasan buatan  (artificial intelegence) , teknologi kognitif  (virtual reality)  dan lainnya (Qusthalani, 2019, hal.11). Pada saat ini ilmu pengetahua...

MULTIMEDIA INTERAKTIF DAN MOBILE LEARNING

MULTIMEDIA INTERAKTIF KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN Guru yang baik adalah guru yang mampu menyampaikan isi materi pembelajaran kepada murid dengan baik. Penyampaian isi materi yang baik dapat dilihat dari proses dan hasil akhir belajar siswa. Siswa yang mendapatkan evaluasi proses dan hasil belajar di atas KKM menandakan bahwa penyampaian materi oleh guru sudah cukup berhasil. Cara guru untuk menyajikan materi ajar dapat bermacam-macam sesuai dengan karakteristik siswa. Ada yang menggunakan buku saja, ada yang berinisiatif menyediakan bahan ajar lain sebagai pendukung bahan ajar utama. Karakteristik siswa sekolah dasar masih membutuhkan benda kongkrit dalam pembelajaran, tetapi tidak semua pembelajaran dapat menghadirkan benda kongkrit. Ada beberapa materi pembelajaran yang tidak dapat dihadirkan secara langsung di kelas. Multimedia merupakan salah satu sarana penyampai materi pembelajaran agar dapat dipahami oleh siswa...